Friday, September 02, 2005

Kebakaran Pasar Blok M

Kebakaran Pasar Blok M membawa cerita tersendiri. Kabarnya di bekas lokasi kebakaran tersebut, PD Pasar Jaya akan membangun pusat perbelanjaan modern, lengkap dengan hotel dan apartemen. Pernyataan pihak Pasar Jaya, yang dikutip oleh berbagai media itu, esoknya dibantah pihak Pemda. Katanya, Pemda belum memutuskan langkah apa yang bakal diambil pasca-kebakaran. Di pihak lain, mereka mengakui bahwa Pemda telah menerima ajuan IMB baru dari Pasar Jaya mengenai pengembangan Pasar Blok M tersebut, jauh sebelum kebakaran.

Sound familiar, huh!! Dalam banyak kasus, kita selalu mendengar ada udang di balik batu. Biar pun kemudian dibantah, tapi menjadi kenyataan jua.

Alasan Pasar Jaya untuk menjadikan Pasar Blok M menjadi pusat perbelanjaan modern lengkap dengan segala sarana pendukungnya tentunya bisa diterima akal. Daerah Blok M merupakan salah satu kawasan bisnis paling strategis di Jakarta. Yang menjadi pertanyaan kita sekarang adalah mengapa Pasar Jay--ada kesan--sampai harus melakukan tindakan tak terpuji untuk memenuhi ambisi bisnisnya? Bukankah sebenarnya mereka bisa memberikan alasan rasional dan kompensasi yang masuk akal untuk membangun kembali kawasan tersebut? ***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home