Sunday, April 24, 2005

Konfrensi Asia Afrika 2005

Hingga hari Ahad lalu, Jakarta benar-benar dalam penjagaan ketat aparat keamanan. Bukan karena adanya ancaman bom dan sejenisnya, tapi karena ibu kota tercinta ini menjadi tempat perhelatan Konfrensi Asia Afrika (KAA) II. Penjagaan aparat keamanan sangat terlihat mencolok. Lihat saja, bahkan hingga jembatan penyeberangan di sepanjang segitiga emas (Sudirman-Thamrin-Gatot Subroto) dijaga tentera bersenjata lengkap. Pemerintah pun sengaja show of force seputar kesiapan mereka mengantisipasi setiap kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Ketatnya penjagaan keamanan yang dilakukan pemerintah, di sisi lain, sebenarnya, menunjukkan betap masih rapuhnya keamanan ibu kota. Ancaman terorisme masih terus menghantui. Walaupun Pemda DKI Jakarta tidak sampai menyatakan situasi Siaga, tetap saja penjagaan mencolok tersebut menjadi indikator penting.

Untunglah, KAA II berlangsung tanpa adanya gangguan keamanan. Setidaknya, itu lah yang saya baca di media massa. Jakarta bisa menegakkan diri kembali di mata dunia internasional. Apakah situasi kondusif ini akan terus berlangsung? "Waktu kan menjawab," begitu kata tembang yang dilantunkan grup Warna. **

0 Comments:

Post a Comment

<< Home