Tuesday, May 22, 2007

Dugem, Narkoba dan Seks

Beberapa waktu yang lalu di sebuah milis para pekerja iklan, salah satu sesepuhnya menghembuskan isu tentang dunia per-dugem-an. Salah satu pokok pikiran yang ada dalam tulisan sesepuh tersebut adalah bahwa dugem selalu identik dengan narkoba dan seks bebas.

Saya, yang dulu pernah jadi “buaya dugem” tentu saja kurang setuju dengan argumen tersebut. Ada benarnya, tapi tidak sepenuhnya benar. Citra tempat dugem sebagai sarang narkoba dan sek bebas sebenarnya merupakan citra yang tidak pada tempatnya. Dugem di klub-klub malam sama saja dengan hang out di tempat lain seperti ke tempat karaoke, bilyard, bahkan nonton film di bioskop. Ini hanya masalah selera.

Tempat dugem juga berjenis-jenis, sesuai dengan selera musik, atmosfir dan isi kantong. Ada yang disebut dengan “musik Kota” dan “musik Selatan”. Ada yang coba menawarkan atmosfir minimalis, groovy, ghotic dan lain-lain. Ada untuk kelas bawah, menengah dan atas.

Kalau narkoba berupa inex disebut identik dengan dugem, bisa ada benarnya kalau kita mengacu ke tempat dugem yang membawakan “musik Kota”. Di Kota sana, dari waiter sampe satpam bisa berperan sebagai pengedar ineks. Tapi kalau Anda pecinta “musik Selatan”, ineks nggak ada enaknya sama sekali untuk dibuat goyang. Bagaimana dengan narkoba jenis lain seperti ubas atau cimenk? Kedua jenis narkoba ini sih nggak ada hubungannya dengan per-dugem-an. Ngubas mah ya ngubas saja, mo dugem ato nggak sama saja! Demikian juga untuk cimenk.

Sekarang bagaimana dengan seks bebas? Lagi-lagi ini menurut saya merupakan salah kaprah mengidentikan kehidupan dugem dengan seks bebas. Kalau pada dasarnya Anda penganut seks bebas dan bertemu dengan penganut yang sama di tempat dugem serta merasa ada chymestry, ya sah-sah saja bila pada akhirnya pulang dugem berakhir di ranjang. Tapi apakah hanya di tempat dugem hal ini bisa berlangsung? Nggak juga. Bahkan di tempat pusat-pusat perbelanjaan pun Anda bisa menemukan cewek-cewek bispak (bisa pake). Lagi-lagi yang penting adalah cymestry. Kalau Anda bukan penganut seks bebas, tentunya kejadian sex after clubbing tidak akan terjadi sama sekali.

Dugem pada dasarnya adalah media untuk melepas stres, untuk relaksasi diri, bukan untuk melarikan diri dari masalah atau untuk hunting cewek/cowok. Dugem juga bisa dipakai untuk sosialisasi, mendapatkan teman baru, syukur-syukur bagi yang jomblo bisa dapat pacar.

Seperti yang telah saya singgung di atas, ada tiga elemen penting dalam bisnis dugem: musik, atmosfir dan target market. Ketiga elemen ini saling terkait. Seorang DJ dengan musik yang diusungnya sangat mempengaruhi siapa clubber yang bakal datang ke tempat tersebut. Tidak berlebihan bila yang namanya resident DJ memegang peranan sentral untuk mendatang pengunjung.

Karena itu pulalah, sebagian dugem-ers cenderung fanatik pada musik dan DJ tertentu. Bila DJ Riri, misalnya lagi tampil di Embassy, dia pasti akan datang ke sana. Kalau minggu depannya DJ Riri tampil di Centro, ya, dia ngikut. Mereka sudah seperti grouppies saja.

Begitu pula atmosfir tempat. Atmosfir ini tidak semata-mata berkaitan dengan interior tapi juga bagaimana sebuah kerumunan massa (crowd) terbentuk dan berperilaku. Ada orang yang senang dengan crowd yang ”sopan-sopan”, ada juga yang senang crowd yang ekpresif.

Ada juga tempat yang sadar dari awal bahwa tempatnya akan laku kalau melakukan strategi pricing yang benar. Ambil contoh Nu China dan Second Floor yang terkenal dengan harga minumannya yang murah meriah. Soal DJ dan atmosfir tempat, ya so-so saja lah. Beda jauh misalnya dengan Dragonfly atau Ego (tempat VIP Member-nya X2) yang harga minumannya sangat menguras kantong. Mau harga murah atau harga mahal, semua punya pasarnya masing-masing.

So, kalau Anda memang pengen dugem, ya silahkan dugem saja. Buang pikiran kalau Anda akan terlibat masalah narkoba atau bakal menjadi penganut seks bebas karenanya. Just do it yourself! ***

15 Comments:

At 1:36 PM, Anonymous Taufik Antares said...

Ahhh,.. masa cih?! :)

 
At 11:59 AM, Anonymous JABLAY said...

This comment has been removed because it linked to malicious content. Learn more.

 
At 9:02 AM, Anonymous Anonymous said...

Kenapa ya dugem mesti kebanyakan ceritanya ujung-ujungnya sex menyimpang. Bukankah banyak dari mereka yg dugem pinginnya melepaskan diri dari hingar-bingar kehidupan sehari-hari.

Apa mungkin minuman dan obat-obatan yang disajikan di tempat dugem perlu dirubah komposisinya, sehingga tidak mendorong orang berbuat tindakan kriminal dan membahayakan diri sendiri.

kan kasihan mereka yang memang gemar bergadang.

 
At 9:49 PM, Anonymous Anonymous said...

gw suka gaya lo...

 
At 2:04 PM, Blogger orlando said...

dugem ? hajjjaaarrrrrrrr...........

 
At 12:16 AM, Anonymous Anonymous said...

Bro... gw setuju sama yang ente bilang kalau dugem itu buat relaxation, ngga tiap orang dateng buat hunting cemek or cowok meskipun di dugem tsb wajib ada temen baik cewek or cowok. buat gw itu obat kendurin penat....

 
At 6:38 PM, Anonymous adjie said...

yooooiiiii....daaaaaahhhhhh
tapi menurut gw....dari pada kita dugem minum...or ngobat...dapetnya pusing....malah tambah capek...
mendingan ndengerin n doawnload lagu2 kami..di...
http://jawerkotok.terminalmusik.com
dijamin hati pasti teneng deh...
cobain yah...
tahx...

 
At 9:26 PM, Blogger Risma said...

gw sependat dengan comment lue, yah kembali ke orangnya aja, bagi saya.., go dugem..!!!

 
At 12:40 PM, Anonymous Anonymous said...

ya gak smua orang nge_dugem ntu make yg namanya narkoaba, mungkin dia frustasi dengan kegiatan sehari_hari
ada pula yang dibuat ajang untuk cari teman
pokoknya hajar teruuuuusssss "DUGEM"

TEN CITY

 
At 1:18 PM, Anonymous Anonymous said...

ada benarnya tidak semua "DUGEMers" memakai narkoba ataupun menganut sex bebas.. Tetapi kata-kata "Identik narkoba dan Sex Bebas" memang patut di berikan pada Dugemers tersebut.. karena lebih dari 50% memang nyatanya seperti itu..... minum,fly and sex its reality...

 
At 2:22 PM, Blogger 100% JOMBY said...

mash ada dugm.........
msnahkn cuy..DUGEM teh.....
aku sngt stuju

 
At 2:17 AM, Blogger Joko said...

betul bgt urain diatas, bahwa sesungguhnya dugem itu tidak selalu berkonotasi buruk, smua tergantung individunya masing- masing dan niat nya masing- masing...

 
At 7:27 AM, Anonymous Anonymous said...

Tetapi sebenarnya lebih kepada dugem itu pintu kepada hal-hal negatif yang disebutkan penulis di atas.. Selama kita masih berdiri di pintu dan hanya melihat kepada hal-hal yang "enak" tersebut di atas ya tidak apa2, tapi kalo sudah masuk dan mencicipinya, itu yang gawat.. huhu..

 
At 8:08 PM, Anonymous vie said...

dugem i like,ga smua ank clubbers itu sex n drugs....lo gwe sie cri enjoy buat ilngin stres stelah kerja slama 5 hr.butuh hiburan n happy brng tmn2....DUGEM enk kali............

 
At 4:48 PM, Blogger danasahabat.blogspot.com said...

Bantu buat Kartu Kredit BANK BNI dengan beragam fasilitas dan diskon, free iuran tahun pertama di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara Kartu Kredit BNI, adalah Kartu Kredit BNI MasterCard dan BNI VISA, baik Kartu Biru, Emas
maupun Platinum berikut Kartu Tambahannya.
100% berkas aman cukup fc ktp.slip
gaji/skp kartu kredit npwp
khusus karyawan gaji min 3 jt perbulan.owner lampirkan fc ...ktp siup dan npwp bila memiliki kartu kredit bisa dilampirkan
proses maks 10 hari kerja.Diskon 15% untuk makanan dan minuman dengan minimum transaksi Rp 150.000,- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,-.
Diskon 20% untuk menu makanan Hot Kitchen (tidak termasuk Toast/Honey Toast/Beverage) dengan minimum transaksi Rp 150.000.- dan maksimum transaksi Rp 2.000.000,- (sebelum diskon, pajak dan servis).
Garuda Indonesia Travel Fair 2014, kerjasama Bank Negara Indonesia dengan Garuda Indonesia, one stop shopping untuk paket wisata Anda dengan harga spesial menggunakan Kartu Kredit dan Kartu Debit BNI.
Diskon cicilan 0% selama 3 & 6 bulan atau cicilan bunga ringan 0,8% selama 9 & 12 bulan dengan transaksi minimum Rp 1.000.000,-
Hemat hingga 50% atau maksimum Rp 1.000.000,- dengan BNI Reward Points.
Informasi lebih lanjut hubungi BNI Call 500046 atau 021-500046/68888 dari ponsel.atau dengan marketing kami cabang BNI LAMPER SARI SEMARANG
chairul sarto utomo via sms telp
085229348635. TELP KANTOR ( 024 ) 33051946 FAK 024 86455931

 

Post a Comment

<< Home