Wednesday, May 25, 2005

Pilkada Tingkat RW

Dulu, ketika saya duduk di bangku sekolah, selalu diingatkan wujud demokrasi yang paling ideal itu ada di pedesaan, ketika rakyat desa memilih kepala desa mereka secara langsung. Pelajaran ini merupakan pengakuan tidak langsung bahwa sistem demokrasi yang sedang berlangsung saat itu, kala pemerintahan rejim Soeharto, bukanlah sistem demokrasi yang ideal. Ketika di perguruan tinggi, baru saya sadar apa sepenuhnya sistem demokrasi yang diterapkan rejim Soeharto, yaitu demo-crazy, demokrasi berdasarkan maunya sang penguasa aja, yang penuh dengan pertumpahan darah.

Barulah ketika rejim berganti, demokrasi di negeri ini perlahan-lahan menemukan bentuk hakikinya. Belum ideal memang, karena anggota DPR masih tidak sepenuhnya dipilih rakyat. Tapi, setidaknya, kita telah melangkah lebih maju.

Saking majunya, bahkan pemilihan Ketua RW pun memakai sistem pemilihan langsung, lengkap dengan kampanye segala. Inilah yang terjadi di RW 01 Kelurahan Karet, Jaksel, hari Selasa lalu (24/05). Menurut ketua panpel Pilkada mini ini, Hari Wibowo, seperti dikutip beritajakarta.com, kegiatan ini sebagai bentuk pembelajaran bagi warga RW 01 mengenai mekanisme pemilihan pemimpinnya secara demokratis, meskipun Pilkada yang sesungguhnya di wilayah DKI Jakarta baru akan dilangsungkan pada 2007 mendatang.

Berbeda dengan Pemilu lalu maupun Pilkada yang sedang dan akan berlangsung, yang menggerogoti APBN dan ABPD, pilkada mini ala RW 01 Kelurahan Karet, ini pembiayaannya sepenuhnya ditanggung oleh warga RW 01 dan juga diambilkan sebagian dari kas RW 01. Jadi, kemungkinan untuk korupsi tentunya sangat kecil banget!

Inovasi yang dilakukan RW 01 Kelurahan Karet ini pantas kita acungi jempol. Kalau ini ditiru oleh erwe-erwe lain, mungkin kita harus mengubah buku pelajaran sekolah. Pemilu langsung sebagai wujud demokrasi yang paling kecil cakupannya, tidak lagi pada pemilihan kepala desa, tapi sudah pada tingkat RW. Indonesia juga boleh jadi akan tercatat dalam buku-buku tentang demokrasi, yang melakukan pemilihan langsung hingga tingkat RW!

Proviciat RW 01 Kelurahan Karet, Jakarta!! ***

0 Comments:

Post a Comment

<< Home